Sertifikasi

Sertifikasi produk adalah proses yang memvalidasi bahwa produk tertentu memenuhi standar kualitas dan keamanan yang telah ditetapkan. Proses ini melibatkan inspeksi, pengujian, dan pengesahan oleh badan sertifikasi yang berwenang. Sertifikasi produk dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk, karena produk yang telah disetujui telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan untuk keamanan, kualitas, dan spesifikasi. Sertifikasi produk juga dapat membantu meningkatkan pendapatan, karena produk yang telah disertifikasi lebih mudah untuk dijual di pasar internasional.

Sertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) adalah proses legalisasi yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk memastikan keamanan dan kualitas produk kosmetik yang dipasarkan di Indonesia. Produk kosmetik harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh BPOM sebelum dapat dijual dan beroperasi di pasar Indonesia. Sertifikasi BPOM meliputi penilaian bahan-bahan yang digunakan dalam produk kosmetik, analisis laboratorium pada produk kosmetik, dan evaluasi dokumen yang relevan. Setelah produk kosmetik lulus semua persyaratan yang ditetapkan oleh BPOM, maka produk tersebut dapat mendapatkan sertifikat BPOM yang bisa digunakan untuk memvalidasi kualitas dan keamanan produk kosmetik

Sertifikasi halal pada produk kosmetik merupakan suatu keharusan bagi sebuah produk kosmetik yang ingin diharapkan memenuhi syarat-syarat Islam. Karena hal ini, produk kosmetik yang telah memenuhi sertifikasi halal akan diperoleh status sebagai produk halal.

Produk BPOM dapat diakreditasi oleh BPOM. Dalam hal ini produk tersebut dapat memenuhi ketentuan dan kriteria BPOM yang telah ditetapkan. Dalam hal ini produk BPOM dapat diakui sebagai produk yang berupa kosmetik yang dapat memenuhi syarat-syarat BPOM.

BPOM

Produk kosmetik Meidah Cosmetoceutical telah diklasifikasikan sebagai produk kosmetik, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 8 Tahun 2020 tentang Klasifikasi Kosmetik, dan telah dikonfirmasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk ini juga telah mendapatkan sertifikasi BPOM, yang berarti bahwa produk telah memenuhi standar keselamatan dan keamanan yang ditetapkan oleh BPOM.